RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Yapsipa Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X/1
Aspek/skill : writing
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Standar kopetensi :
Berkomunikasi
dengan bahasa inggris setara level novice.
II.
Kompetensi dasar :
Menggunakan
simple past tense secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount.
III.
Indicator
Pencapaian KD
a.
Menggunakan
simple past tense dengan tepat.
b.
Membuat
teks fungsional pendek berbentuk recount.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran :
-
Siswa
dapat Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan simple past tense
-
Siswa
dapat menulis teks sederhana berbentuk recount
text sesuai dengan Generic structure.
v
Nilai-nilai
karakter yang dikembangkan :
·
Religius
( Religious )
·
Jujur
( Integrity )
·
Disiplin
( Discipline )
·
Tanggung
jawab ( Responsibility )
·
Tekun
( Diligence )
·
Kerja
sama (Cooperative )
·
Bersahabat
( Friendly )
·
Rasa
ingin tahu ( Curiosity )
·
Percaya
diri ( Confidence )
·
Keberanian
( Bravery )
·
Mandiri
( Autonomy )
·
Kreatif
( Creative )
V.
Materi
Pembelajaran :
Simple past
tense
Sely tells story
of her life
VI.
Metode/Teknik :
Pendekatan
: communicative approach
Model : cooperative learning
VII.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
|
Waktu
|
Apersepsi
·
Pembelajaran diawali dengan ucapan salam (Religious)
·
Mengkondisikan kelas dengan mengabsen Peserta Didik (Disciplin)
·
Membahas PR yang belum dikerjakan oleh Peserta Didik (ressponsibility)
·
Memberikan apersepsi dengan mengingatkan kembali tentang materi pada
pertemuan sebelumnya yaitu materi present continous tense
Motivasi
·
Memotivasi Peserta Didik dengan memberi
penjelasan pentingnya mempelajari materi simple
past tense untuk kehidupan sehari-hari
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Menyampaikan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu (65)
·
Menginformasikan model Pembelajaran
yaitu pembelajaran
Cooperative (cooperative learning)
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
60 menit
|
Eksplorasi
·
Guru memberi penjelasan
tentang simple past tense
·
Memberi contoh kalimat
sesuai generic structure
·
Memberi daftar kata kerja
yang tidak beraturan (irregular verb)
·
Guru memberi contoh teks
sederhana yang berbentuk recount
|
|
Elaborasi
·
Guru meminta peserta didik
untuk mengerjakan latihan individu yang ada di buku diktat masing-masing (percaya
diri)
·
Guru mengelompokan peserta
didik secara heterogen berdasarkan kemampuan akademik dengan jumlah 4-5 orang
untuk masing-masing grup.
·
Guru membagikan LKPD
kepada masing-masing kelompok untuk mendiskusikannya (kerjasama dan
ketekunan)
·
Guru berkeliling mengamati
pekerjaan tiap kelompok dan memberikan bantuan jika ada peserta didik yang
bertanya
|
|
Konfirmasi
·
Guru mempersilahkan salah
satu kelompok untuk mempresentasikan LKPD, sedangkan peserta didik yang lain
memperhatikan temannya yang sedang presentasi (percaya diri)
·
Guru meminta peserta didik
untuk mengumpulkan LKPD
·
Guru memberikan quiz
kepada seluruh peserta didik tentang materi yang telah dipelajari, dan dalam
menjawab quiz tersebut peserta didik tidak boleh saling membantu
·
Guru memberikan tes kepada
seluruh peserta didik mengenai materi yang telah dipelajari
·
Guru memberikan
penghargaan kelompok (toleransi)
|
|
Penutup
|
15 menit
|
·
Dengan bimbingan guru ,
peserta didik membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari
bersama-sama
·
Peserta didik dan guru
melakukan refleksi
·
Guru menugaskan peserta
didik untuk mengerjakan tugas individu sebagai pekerjaan rumah, dan peserta
didik harus mengumpulkan tugas tersebut pada pertemuan berikutnya.
|
VIII.
Media dan Sumber
Belajar
1.
Media :whiteboard, gambar
dan LKPD
2.
Sumber
pembelajaran : -Living english structure
-Koding (konsep dasar & the king)
-Workbook flying start
-metode cepat hafal 16 tenses
IX.
Penilaian
Indikator PencapaianKompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Membuat teks fungsional pendek berbentuk recount
dan menggunakan simple past tense
dengan tepat
|
Tes tulis
|
Essay
|
I.
Complete the sentences
below using alternatives provides there!
II.
Make a simple paragraph about your own experience
|
·
PedomanPenilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal 10 x 3 = 30
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
Tasikmalaya,
21 November 2012
Guru Pamong Praktikan
Ninding BA, S.Pd A.M.Firly
NIP. 196312021987032008 NPM.O92122164
|
thanks in4nya :*
BalasHapusthanks in4nya :*
BalasHapusThanks atas infonya mas bro
BalasHapusHarrah's Casino and Resort - JamBase
BalasHapusThe Harrah's Hotel & Casino in Las Vegas features 공주 출장샵 three hotel towers - 순천 출장안마 The 이천 출장마사지 Mirage, The 경주 출장안마 Guitar Hotel, The LINQ Hotel, The Cosmopolitan of Las Vegas 거제 출장안마 and The Cosmopolitan